Ketua PKK Provinsi Lampung Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Mesuji

Lampung317 Dilihat

Mesuji – Kabarsumsel.com – Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Mesuji dengan mengusung tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”, Kamis (30/09/21) di Gedung GSG Taman Kehati Desa Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji.

Hadir dalam acara Bupati Mesuji Saply TH berserta istri, Wakil Bupati Mesuji Haryati Candralela, Sekertaris Daerah Mesuji Sayamsudin S.Sos beserta istri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji, Ketua Persatuan Darmawanita Kabupaten Mesuji, Staf Ahli, Kepala OPD, dan seluruh tamu undangan.

Bupati Mesuji dalam sambutannya menyampaikan, atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Mesuji dan masyarakat Kabupaten Mesuji mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten Mesuji bumi ragab begawe caram, yang merupakan semboyan Mesuji yang artinya satu wilayah yang dihuni beberapa suku untuk membangun Mesuji serta selalu bersama dan bergotong-royong.

Ini adalah lanjut Saply TH Merupakan buah dari menurunnya status level kedaruratan kita, sehingga kegiatan yang sebelumnya dijadwalkan secara daring, dapat terlaksana secara luring, walaupun tentu saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat, demi memutus mata rantai penyebaran covid-19. Semoga kunjungan kerja ini dapat memotivasi dan memberikan inspirasi bagi kami dan masyarakat Kabupaten Mesuji pada umumnya.

Dengan adanya kunjungan kerja ini, kami berharap akan semakin mempererat koordinasi dan kerjasama, yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mesuji, dan terakomodir program-program tim penggerak PKK, dan organisasi-organisasi yang terkait lainnya. Untuk diketahui dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kabupaten Mesuji terus berupaya untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Mesuji yaitu terwujudnya pembangunan yang berkeadilan, rakyat sejahtera dan keamanan terjaga.

Dalam mewujudkan visi tersebut dengan berbagai pelaksanaan pembangunan dalam segala bidang, dan yang menjadi prioritas kami adalah, memajukan berbagai program pertanian, pendidikan, kesehatan, pariwisata, infrastruktur dan sarana prasarana lainnya. Juga tak luput dari perhatian kami semua, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mesuji.

Mudah – mudahan pada kunjungan kerja ibu ketua tim penggerak PKK provinsi Lampung, kita semua akan mendapat masukan dan saran, serta dapat saling bertukar pikiran, dengan upaya mempercepat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mesuji ini.

Sambutan di akhiri dengan melantunkan pantun,
Merah menyala Si buah berry
Sungguh cantik walaupun masam Terima kasih ucapan kuberi
Sudah datang ke bumi ragab begawe caram. Tutup Bupati Mesuji

Sambutan kedua Oleh Ketua PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati serta ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mesuji, yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pada hari ini, kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan ke-3 di tahun ini, yang dilaksanakan sebagai rangkaian kunjungan kerja kami ke kabupaten kota se Provinsi Lampung.

Perlu kita ketahui bersama bahwa pandemi covid 19 telah berlangsung selama hampir 2 tahun, dan membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia di seluruh dunia termasuk di provinsi Lampung ini, tidak hanya mengancam keselamatan jiwa, tetapi juga menimbulkan dampak ekonomi maupun sosial secara luar biasa, anak-anak kehilangan orang tuanya, yang meninggal karena covid-19, tekanan ekonomi keluarga akibat penghasilan yang menurun, bahkan pada sebagian keluarga kehilangan mata pencahariannya.

Meningkatnya kasus gangguan kejiwaan, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta tindak pidana penjualan orang. Di sisi lain, kewajiban untuk belajar secara daring bagi anak sekolah juga menjadi masalah tersendiri, baik bagi orang tua maupun anak-anak yang menjalaninya, akan tetapi jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, ternyata ketahanan masyarakat dalam bentuk semangat bergotong-royong, saling membantu dan kepedulian terhadap sesama, menjadi potensi yang luar biasa untuk membantu keluarga, agar mampu bertahan dari berbagai tekanan akibat pandemi ini.

Kegiatan pada hari ini mengambil tema “Gerakan Keluarga Pelopor Perubahan”, untuk mengingatkan kita semua bahwa gerakan PKK diharapkan dapat menjadi gerakan yang mampu menginisiasi perubahan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik terutama di masa pandemi ini.

pada kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa tim penggerak PKK provinsi Lampung, melaksanakan kegiatan dan pembinaan organisasi tingkat kabupaten kota yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan 6 organisasi lainnya, yaitu yang pertama dekranasda pembinaannya adalah pengembangan kerajinan sulam ulat dan batik motif Mesuji, kemudian optimalisasi gerai dekranasda dan UMKM di rest area 234 untuk promosi dan pemasaran, kemudian Pokja PAUD yaitu mewujudkan PAUD holistik, integratif yang terintegrasi antara pendidikan kesehatan dan gizi serta pola pengasuhan dan perlindungan, kemudian diharapkan terbentuknya satu Desa satu PAUD

Pokja literasi kegiatannya untuk meningkatkan minat baca kemudian ada program terampil membaca untuk anak-anak, sebagai dasar untuk belajar formal, dan diharapkan satu Desa satu perpustakaan atau pojok baca Desa. Yang keempat lembaga koordinasi kesejahteraan sosial Meningkatkan semangat untuk saling berbagi dan berempati dengan orang-orang di sekitar kita, kemudian juga pendampingan anak-anak yang kehilangan orang tua akibat dampak covid 19, Yang kelima persatuan wanita olahraga seluruh Indonesia atau perwosi, diharapkan berperan dalam pendampingan bagi atlet wanita yang berprestasi serta memasyarakatkan olahraga dan mewujudkan keluarga sehat cinta keluarga. Kemudian yang ke-6 yayasan jantung Indonesia, memasyarakatkan senam jantung sehat dan kampanye pola hidup sehat, ini juga untuk kaum milenial agar menerapkan pola hidup sehat, dengan menghindari atau tidak merokok, kemudian ada juga pemeriksaan kesehatan secara berkala dan yang terakhir 7 Palang Merah Indonesia, diharapkan palang merah Indonesia di Kabupaten Mesuji apalagi ketuanya adalah bapak Bupati, agar lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah, bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah Bumi ragab begawe caram, karena di PMI Mesuji sendiri belum memiliki unit donor darah, kemudian percepatan cakupan vaksinasi palang merah Indonesia termasuk kabupaten yang saat ini belum mendapat alokasi vaksin, tetapi apabila dibutuhkan insya Allah nanti ke depan kami akan upayakan karena ada 9 kabupaten yang akan kami berikan kembali melalui jalur PMI.

Organisasi agar dapat memotivasi semua organisasi sebagai mitra Pemerintah untuk dapat menunjukkan kiprah dan karyanya kepada masyarakat, saya harapkan kegiatan tahun ini dan tahun depan untuk tetap memprioritaskan upaya pencegahan penyebaran covid-19 dan penanganan dampak pandemi, baik secara sosial ekonomi maupun budaya. Terima kasih juga saya sampaikan atas peran aktif seluruh organisasi yang ada di Mesuji serta dukungan penuh dari Bapak Bupati Ibu Wakil Bupati beserta jajaran, semoga pandemi ini segera berlalu, dan kita semua diberikan kesehatan serta kekuatan untuk terus membangun Bumi Lampung yang kita cintai. Terakhir saya mengingatkan bahwa pandemi covid 19 belum berakhir sehingga kita harus tetap disiplin dalam menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan melakukan vaksinasi untuk mencegah penyebaran covid 19. Tetap semangat melindungi diri, lindungi keluarga dan melindungi sesama untuk rakyat Lampung berjaya. Tutup Riana Sari Arinal. (Jumani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *