Pencanangan Program Desa CANTIK Dihadiri Langsung Bupati Popo Ali

Daerah184 Dilihat

Muaradua, Kabarsumsel.com – Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B.Com Hadiri secara langsung dalam Pencanangan Program Desa Cinta Statistik ( Desa Cantik ) di Kabupaten OKU Selatan, Kamis (22/09/2022).

Dalam laporan Kepala BPS Kabupaten OKU Selatan mengungkapkan Desa cantik atau Desa Cinta Statistik adalah sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran.

 

Pada awalnya, pelaksanaan desa cantik di Kabupaten OKU Selatan hanya berfokus pada 4 Desa dan Kelurahan. Namun setelah diskusi dan koordinasi dengan berbagai pihak, serta antusias Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan dalam mendukung surat edaran Gubernur Sumatera Selatan terkait pembentukan desa atau kelurahan cantik di semua desa atau kelurahan, akhirnya pelaksanaan Desa Cantik ditargetkan untuk dapat diterapkan 100% atau seluruh Desa/kelurahan di Kabupaten OKU Selatan.

 

Desa Cantik setiap Kabupaten dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing. Pada Tahun 2022, Desa Cantik di Kabupaten OKU Selatan difokuskan pada pembinaan tentang pengumpulan data pokok, sesuai kaidah statistik dan penyediaan sarana diseminasi data.

 

Setelah melalui beberapa kali diskusi dan koordinasi diputuskan bahwa pelaksaan desa cantik tahun ini akan menghasilkan output berupa publikasi statistik desa sebagai hasil pengumpulan data serta website desa sebagai sarana diseminasi data. Website desa yang dibangun tidak hanya menyajikan data-data desa, tetapi juga berperan sebagai wajah virtual desa yang menyajikan profil serta potensi desa yang ada secara komprehensif dan mudah diakses oleh masyarakat.

 

Bupati Popo juga sampaikan Desa saat ini tidak lagi menjadi objek semata, namun menjadi subjek krusial sebagai ujung tombak pembangunan Nasional. Berbagai kebijakan dan pembangunan yang dilakukan harus mampu menjawab permasalahan yang sedang terjadi. Oleh karena itu, desa harus memiliki data yang lengkap dan akurat, sehingga program-program yang ditawarkan menjadi tepat sasaran.

 

“Sebagai salah satu upaya peningkatan sistem birokrasi yang ringkas dan efesien dalam menjalankan pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan bersama Badan Pusat Statistik (BPS) mencanagkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) untuk membina, membangun, dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami statistik di Kabupaten OKU Selatan,” pungkasnya.

 

“Selanjutnya yang diharapkan tidak hanya mampu menjadi desa yang berdayaguna tetapi juga mampu mengembangkan desanya melalui data yang lengkap dan akura,” tegasnya.

 

Bertempat di Gedung Dewan Kesenian, turut hadir, Kepala BPS Provinsi Sumsel Dr.Ir.Zulkipli,M.Si, FKPD, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Para Camat dan Kelala Desa di 19 Kecamatan di OKU Selatan, insan Pers, serta undangan lainnya. (Alpian Patria Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *