Kendala Guru Pelosok Daerah Terpencil Mengikuti Seleksi Akademik PPG Daljab 2022″

Nasional328 Dilihat

Oleh: Nia Erni Wahyuni

Penulis adalah Mahasiswa PPG Prajabatan PGSD Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Seperti yang telah diketahui kedudukan Guru sebagai profesi ditegaskan dalam pasal 2 UU Nomor 14 tahun 2005.

Dalam pasal 2 dinyatakan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga professional pada jenjang Pendidikan mulai dari Pendidikan dasar, Pendidikan menengah, dan Pendidikan anak usia dini pada jalur Pendidikan yang formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sertifikat pendidik atau yang lebih akrab kita dengar serdik. Cara untuk memperoleh serdik itu sendiri dapat ditempuh dengan mengikuti program pemerintah yaitu Pendidikan Profesi Guru atau PPG, untuk yang sudah berstatus sebagai guru dapat mengikuti PPG Daljab. Saat ini PPG dapat diikuti oleh seluruh guru yang ada di Indonesia hingga pelosok daerah dengan syarat memenuhi kriteria kelulusan yang telah ditentukan oleh Kemendikbud.

Pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab Tahun 2022 diikuti oleh 29.999 orang peserta. Peserta merupakan guru-guru dari seluruh Indonesia. Tidak terkecuali bagi guru-guru yang ada di pelosok salah satu peserta seleksi akademik PPG Daljab 2022 yaitu Ibu Endah Subiarti, S.Pd salah satu guru yang ada di daerah terpencil yaitu di SDN 17 Buay Pemaca berada di desa Sinar Baru.

Saat mengikuti seleksi akademik PPG Daljab 2022 banyak kendala yang dialami beliau. Beliau mengatakan kendala yang dialami dimulai dari persiapan seleksi mencari jaringan internet yang stabil untuk dapat mengerjakan soal secara daring, beliau harus turun dari pegunungan ke Kecamatan untuk mendapatkan sinyal yang stabil, sedangkan saat itu kondisi jalan yang masih tanah merah dan habis hujan sehingga menyebabkan jalanan licin tidak sering membuat beliau harus terjatuh dari motor yang dikendarainya.

Saat sudah mendapatkan sinyal dan memulai mengerjakan seringkali ter logout otomatais karena masih terkendala dengan sinyal meski begitu seleksi akademik PPG Daljab dapat ia selesaikan hingga akhir.

Akan tetapi, kendala yang dialami Ibu Endah Subiarti, S.Pd tidaklah menyurutkan antusias dan semangat nya dalam mengikuti seleksi akademik PPG Daljab 2022, karena menurutnya ini adalah salah satu usaha beliau untuk menjadikan dirinya sebagai guru yang professional seperti yang diharapkan oleh pemerintah, apapun kendalanya akan dapat diatasi disetiap niat baik kita. Beliau juga memberikan pesan kepada Guru muda yang ada di daerah terpencil sepertinya jangan mudah menyerah dan harus selalu antusias untuk menjadikan diri ini layak dikatakan sebagai guru yang professional meskipun kondisi daerah kita masih di pelosok daerah terpencil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *