oleh

Warga Musi Banyuasin Manfaatkan Bonggol  Pisang jadikan Jajanan Lezat

Musi Banyuasin, Sumatra Selatan – Warga Asal kecamatan Batang Hari Leko (BHL) Musi Banyuasin, Sumanta Selatan, Membuat Inovasi baru dengan membuat berbagai makanan yang bahan bakunya dari pohon pisang, atau batang Bonggol Pisang.
Jajanan yang dibuat warga ini meliputi keripik bonggol pisang, Roti bolu Kiss bonggol pisang, Bolu gulung bonggol pisang, serta beberapa aneka jajanan yang dibuat dari bonggol pisang.

Awalnya warga di kecamatan BHL Musi Banyuasin, mencoba membuat tepung Bonggol pisang, yang kemudian dibuat berbagai macam bentuk makanan serta jajanan. Cara membuatnya adalah, batang pisang yang sudah tua diambil bagian bawahnya atau bonggolnya, kemudian di iris tipis, dan direndam dengan air selama tujuh hari. Kemudian rendaman bonggol pisang tersebut dijemur hingga kering, dan selanjutnya dijadikan tepung, kemudian diolah menjadi jajanan dan makanan.

Pj Bupati Musi Banyuasin, Apriyadi Mahmud , mengatakan, inovasi warga di kecamatan BHL ini awalnya coba coba namun, kemudian menjadi inspiratif untuk menjadikan bonggol pisan menjadi jajanan lezat” ya  warga di kecamatan BHL, musi banyuasin, Menemukan olahan jajanan yang berasal dari bonggol pisang, bahkan sekarang jajanan tersebut banyak diminati masyarakat musi banyuasin, bahkan di wilayah Sumatra Selatan” pungkas Apriyadi . ( Puja )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed