Gelar Workshop Guna Tingkatkan Kapasitas Penyuluh Pertanian

Daerah425 Dilihat

Muaradua, Kabarsumsel.com – Guna meningkatkan kemampuan dari penyuluh pertanian di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Pertanian menggelar workshop bagi para penyuluh pertanian di Aula Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan, Rabu (30/03/2022).

Koordinator Kabupaten OKU Selatan Program ๐˜๐˜ฏ๐˜ต๐˜ฆ๐˜จ๐˜ณ๐˜ข๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฅ ๐˜—๐˜ข๐˜ณ๐˜ต๐˜ช๐˜ค๐˜ช๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ฐ๐˜ณ๐˜บ ๐˜‹๐˜ฆ๐˜ท๐˜ฆ๐˜ญ๐˜ฐ๐˜ฑ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต ๐˜ˆ๐˜ฏ๐˜ฅ ๐˜”๐˜ข๐˜ฏ๐˜ข๐˜จ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต ๐˜–๐˜ง ๐˜๐˜ณ๐˜ณ๐˜ช๐˜จ๐˜ข๐˜ต๐˜ช๐˜ฐ๐˜ฏ ๐˜—๐˜ณ๐˜ฐ๐˜จ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฎ (IPDMIP) Regional 2, Alkat Samsul Bahri menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari dengan peserta dari BPP yang ada di Kabupaten OKU Selatan.

Menurutnya, kegiatan workshop ini merupakan bagian dari proses yang harus dilakukan yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas para penyuluh dalam menjalankan tugas di lapangan.

Dijelaskannya, ada beberapa komponen yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan ini. Diantaranya komponen pertanian, komponen rantai nilai, dan komponen keuangan.

Selain itu, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman penyuluh , staf lapangan dan penyuluh swadaya tentang capaian target projek IPDMIP, peningkatan kapasitas penyuluh tentang desain sistem pertanian yang spesifik lokasi, tentang desain akses pasar yang spesifik lokasi, tentang keuangan pedesaan yang spesifik lokasi, tentang pengelolaan irigasi secara partisipatif, dan tersusunnya rencana kerja dari masing-masing BPP untuk implementasi kegiatan IPDMIP tahun 2022.

Masih kata Alkat, program ini sudah dimulai sejak 2018 dan ini merupakan tahun terakhir untuk periode pertama. Tentu, sebagai indikator keberhasilan dari kegiatan ini dilihat dari terdapat perubahan atau tidak. โ€œMisal tingkat produktifitas, jadi data ini yang harus kita miliki. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan baik,โ€ tuturnya.

Sebagai informasi, dalam program pelaksanaan program IPDMIP, Kabupaten OKU Selatan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia dengan nilai A. Dan tentunya ini harus dipertahankan bahkan terus ditingkatkan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten OKU Selatan, Evianti, S.P., M.M., mengapresiasi kegiatan ini dan mengharapkan kerjasama dari para penyuluh dan BPP yang bertugas di lapangan untuk terus berbuat yang terbaik demi kemajuan Kabupaten OKU Selatan.

โ€œKami mohon dukungan dari rekan di lapangan, agar program ini terlaksana dengan baik. Apa yang didapatkan dalam workshop ini bisa kita bawa dan aplikasikan di lapangan, jadi agar dapat diikuti dengan baik,โ€ pungkasnya.(Alpian Patria Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *