Festival Antar Pelajar  di empat Lawang Terpaksa Ditunda

Daerah373 Dilihat

Empat Lawang – kabarsumsel.com

Perayaan HUT ke-76 Republik Indonesia (RI) pada tahun 2021 ini terpaksa diperingati dengan cara yang terbatas. Hal ini dikarenakan Indonesia bahkan dunia masih dihantui oleh pandemi Covid-19.

Kabupaten Empat Lawang masuk kategori zona orange. Karena hal itulah, pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga batas yang belum ditentukan, tergantung perkembangan level atau zona yang disandang Empat Lawang dalam penyebaran Covid-19.

Penerapan PPKM ini sangat berdampak pada setiap kegiatan yang direncanakan akan ditampilkan pada HUT ke-76 RI tahun ini. Ada banyak rencana kegiatan yang terpaksa harus ditunda. Salah satunya ialah kegiatan festival antar pelajar yang sudah dirancang jauh-jauh hari oleh pemerintah Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker) Kabupaten Empat Lawang.

Camat Pasemah Air Keruh, Noperman Subhi mengatakan kegiatan yang terpaksa ditunda diantaranya festival pelajar yang seharusnya dilaksanakan tahun sebelumnya, 2020. Ada juga festival ANJI-ANJI (Capung) yang juga menyasar para pelajar mulai dari PAUD/TK sampai SMA/SMK.

Belum lagi event olahraga maupun seni seperti lomba baca cerpen karya Noperman Subhi yang terbit di media yang terkenal di Sumsel maupun dalam bentuk kumpulan pemenang lomba cerpen nasional yang bukunya dijual di Gramedia dengan Judul “Motor Matik Milik Bapak”

“Ya kita harus utamakan keselamatan di masa pandemi ini. Terpaksa banyak kegiatan untuk memeriahkan HUT RI kita tunda,” kata Noperman.

Meski festival antar pelajar terpaksa harus ditunda, Kecamatan Paiker yang berada di ujung dan berbatasan langsung dengan wilayah Bengkulu mencoba bersolek guna merayakan hari kemerdekaan RI. Beberapa staf kecamatan yang tidak mendapat giliran WFH dibantu dengan PolPP Desa maupun PolPP Siaga, mahasiswa dan siswa yang magang secara gotong royong memasang dekorasi, umbul-umbul dan spanduk di depan dan pagar kantor camat yang berada di jalan H Zubair desa Nanjungan.

“Pemasangan dekorasi, umbul-umbul dan spanduk mengindahkan surat Bupati Empat Lawang nomor 100/122/I/2021 perihal Peringatan HUT ke-76 RI,” ujar Noperman.

Rifki Novaldo, mahasiswa asal Paiker yang kuliah di Bengkulu sangat menyayangkan kegiatan HUT kemerdekaan tahun ini tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya. ( Anita )

“Namun kami anak muda memaklumi, kondisi sekarang tidak mendukung, semuanya ditunda demi kesehatan masyarakat Paiker,” ucap Rifki. (mB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *