Seni Hadrah Jadi Program Pembinaan untuk WBP di Lapas Sekayu

Musi Banyuasin31 Dilihat

Muba, kabarsumselmcom – Lapas Sekayu mengadakan latihan seni hadrah. Kegiatan latihan hadrah ini diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bertempat di Masjid Darut Taubah Lapas Sekayu, Selasa (28/5/2024).

Hadrah merupakan kesenian Islam yang di dalamnya berisi shalawat atau pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Hadrah juga berfungsi sebagai sarana dakwah Islam melalui lantunan syair yang biasanya diiringi dengan tabuhan alat musik rebana.

Kalapas Sekayu, Yosef Leonard Sihombing mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan yang bertujuan untuk memberikan ruang ekspresi dan pengembangan bakat kepada WBP.

Latihan hadrah dipilih karena selain sebagai hiburan, juga memiliki nilai-nilai keagamaan yang dapat memperkuat spiritualitas para WBP.

“Harapannya, bagi warga binaan, berada di dalam Lapas bukan menjadi halangan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT,” kata Yosef.

Adapun kegiatan pelatihan hadrah tersebut dapat terselenggara, atas kerja sama antara Lapas Sekayu dengan Pondok Pesantren Qodratullah Langkan. Kegiatan pelatihan berlangsung tiga hari setiap minggu, mulai hari Senin-Rabu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *