MANFAAT KEBERADAAN MEDCO E&P DI MUSI BANYUASIN

Musi Banyuasin401 Dilihat

Muba, kabarsumsel.com – SETIAP negara membutuhkan energi untuk membangun negerinya. Begitu pula Pemerintah Indonesia membutuhkan energi untuk membangun negeri sehingga dapat menyejahterakan rakyat. Energi itu diantaranya minyak dan gas bumi (migas). PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama mendapat kepercayaan dari Pemerintah untuk mengelola beberapa blok migas di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Salah satunya Blok Rimau yang terletak di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan.

Dalam mengelola blok migas ini, Medco E&P terus berupaya mempertahankan produksi. Bahkan, untuk memenuhi target produksi dari Pemerintah di masa pandemi COVID-19, Perusahaan terus melakukan aktivitasnya diiringi pencapaian 100 persen pekerjanya telah divaksin booster. Target vaksinasi ini dapat tercapai berkat kerja sama yang solid antara SKK Migas Sumbagsel, Kecamatan Lais dan Dinas Kesehatan Kabupaten Muba. Selama Pandemi, Perusahaan juga melaksanakan berbagai program pencegahan penyebaran COVID-19 serta mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan Pekerja dan Kontraktor agar aktifitas operasi perusahaan tetap berjalan.

*Pemberdayaan Masyarakat*

Dalam pelaksanaan aktivitas operasinya di tengah Pandemi COVID-19, Medco E&P juga turut menyalurkan berbagai bantuan diantaranya, sembako untuk Kecamatan Lais. Camat Lais Demon Hardian Eka Suza mengatakan, bantuan untuk Kecamatan Lais merupakan bentuk sinergisitas yang sudah terjalin baik. Berkat sinergitas ini bantuan sembako sesuai sasaran terutama bagi warga yang menjalani isolasi mandiri.

Perusahaan juga turut melakukan program pengembangan ekonomi masyarakat, diantaranya melakukan Pelatihan Pembuatan Kain Jumputan Gambo Muba bagi Karang Taruna di kantor Kecamatan Lais beberapa waktu lalu. Program ini guna mendukung pelestarian budaya di sekitar area operasi. Perusahaan juga menyerahkan bantuan dua unit mesin jahit, satu unit mesin obras dan bahan pakaian. Camat Lais Demoon Hardian megatakan,“Semoga peserta dapat menyerap ilmu dalam pelatihan ini agar bisa diterapkan kemasyarakat.”

Menurut VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi, “Kegiatan ini merupakan upaya Perusahaan membangkitkan potensi yang ada di Kecamatan Lais dalam mendukung kemajuan ekonomi. Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan produktifitas masyarakat,” ujar Arif saat membuka kegiatan ini beberapa waktu lalu.

Dalam upaya turut meningkatkan potensi setempat, Perusahaan juga melaksanakan program budidaya gurame dan perbaikan jalan di Desa Danau Cala dan Lais Utara serta program pemberdayaan lain.

*Taat Pajak*

Sementara itu, Medco E&P dalam beroperasi selalu mematuhi peraturan yang berlaku dan berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan tingkat Kecamatan setempat. Dalam kepatuhannya terkait pajak, Medco E&P Rimau mendapatkan penghargaan Kepatuhan Wajib Pajak dari Pemerintah Kabupaten Muba. “Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini dan menjadi komitmen untuk terus berperan dalam pembangunan daerah dan nasional dalam wujud pembayaran pajak,” ujar VP Relations & Security Arif Rinaldi. (***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *