Dinas Kesehatan OKU Selatan Gelar Bimtek Kader Keamanan Pangan

Daerah231 Dilihat

Muaradua, Kabarsumsel.com – Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Kesehatan menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Tahun 2022, Rabu ( 28/09/2022 ).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pemkab OKU Selatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan dr. Mery Astuti, M.M. yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan H. Doni Agusta, SKM.,M.M.

Dalam sambutannya H. Doni Agusta, yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Menyampaikan Kebutuhan masyarakat terhadap obat dan makanan didasari perkembangan teknologi informasi secara cepat dan tepat sasaran telah memberikan dampak perubahan terhadap kegiatan peredaran obat dan makanan.

Penyediaan obat dan makanan yang aman, bergizi dan cukup merupakan strategi yang penting untuk mencapai sasaran dalam bidang kesehatan. Mutu dan keamanan makanan tidak hanya berpengaruh langsung terhadap kesehatan masyarakat, tetapi juga mempunyai pengaruh penting terhadap produktivitas ekonomi dan perkembangan sosial baik Individu, masyarakat maupun negara.

” Kepada kader-kader kami harapkan sebagai perpanjangan tangan Dinas Kesehatan dalam melakukan pengawasan obat dan makanan dimasyarakat, guna melindungi masyarakat dari produk obat dan makanan yang dapat membahayakan kesehatan konsumen, dan saya harapkan bimbingan teknis ini dapat menambah ilmu pengetahuan masyarakat terhadap obat dan makanan yang beredar,” ujarnya.

Dalam laporan panitia pelaksana Pejabat fungsional pegawai parmasi obat dan makanan Dinas Kesehatan. Ujang Tirtayasa, S.FAR.APT. Bimbingan teknis kader keamanan pangan tahun 2022, di ikuti oleh 60 orang perwakilan dari Kader-kader kelurahan pasar Muaradua, Keluaran Pancur Pungah, Kelurahan Kisau, Kelurahan Batu Belang Jaya, Kelurahan Bumi Agung dan kelurahan lainnya yang ada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dan dilaksanakan berdasarkan kepala badan dan obat pengawasan makanan publik Indonesia Nomor HK.03.1.23.04.12.2205 tahun 2012 tentang pedoman Komunikasi, Informasi dan Edukasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 (satu) hari, dan tujuan dari kegiatan bimtek
Kader Keamanan Pangan ini untuk Meningkatkan pengetahuan, pemahaman mendapatkan informasi dan edukasi tentang keamanan pangan, meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memilih panga yang baik untuk dikonsumsi, menjadikan masyarakat cerdas memilih pangan yang aman dengan cara cek kemasan, cek label, cek izin edar, cek kadaluarsa, mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan hasil monitoring keamanan produk industri rumah tangga ( P-IRT ) pada makanan dan minuman di Kabupaten OKU Selatan, dan mengetahui Higiene keamanan produk industri rumah tangga pada makanan dan minuman di Kabupaten OKU Selatan.

Dan menjadi Narasumber dari kegiatan Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Tahun 2022. Bpk Elpis dio Prayoga sebagai Narasumber.

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan dan turut dihadiri, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Selatan, Kepala Bidang SDK Dinas Kesehatan OKU Selatan. Pejabat fungsional pegawai parmasi obat dan makanan Dinas Kesehatan, dan para Staf Dinas Kesehatan OKU Selatan.( Alpian Patria Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *