Dispora Sambut Baik Pargatsi Sosialisasikan Cabor Gateball di Bumi Serasan Seandanan

Daerah269 Dilihat

 

Muaradua, Kabarsumsel.com – Pengurus Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mensosialisasikan keberadaan salah satu cabang olahraga yang masih cukup asing ini di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS). Hal tersebut dilakukan di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) OKU Selatan, Selasa (29/03/2022).

Audiensi dan Sosialisasi Olahraga Gateball tersebut membahas perencanaan pembangunan lapangan, dan memperkenalkan olahraga Gateball di Kabupaten OKU Selatan.

Wakil Ketua Pertagsi, Rudi Susilo menjelaskan, Gateball adalah cabang olah raga yang lahir di Provinsi Hokkaido, Jepang pada tahun 1947. “Dalam Audiensi tersebut Ia mengatakan bahwa pentingnya sosialisasi cabang olahraga gateball ini adalah untuk mengenalkan kepada generasi muda mengenai cabang olahraga ini, serta melatih pembinaan karakter yang termasuk dalam enam tabiat luhur, olahraga Gateball ini,” ujarnya.

“Agar pembinaan lebih maksimal, sekaligus mengenalkan gateball pada generasi muda dan calon-calon atlet yang belum tahu sehingga mendapatkan pembinaan dalam olahraga Gateball ini, untuk itu kami mengadakan audensi bersama Pemerintah Daerah OKU Selatan, untuk mensosialisasikan cabang olahraga tersebut,” katanya menambahkan.

Cabang olahraga ini bisa dimainkan lintas usia dan gender. Gateball ini juga dapat mendominasi dari kalangan pelajar dan mahasiswa karena sangat menarik untuk dikembangkan. Di Indonesia sendiri, para atletnya sudah ada di banyak daerah, dan peminatnya kini semakin banyak.

“Harapannya, agar Pemerintah OKU Selatan bisa dapat mensosialisasikan secepatnya olahraga Gateball tersebut, sehingga atlet-atlet yang lahir dari olahraga Gateball ini bisa mengikuti perlombaan Pornas di Sumsel mendatang,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Abdi Irawan, S. STP, M. Si., menyambut baik, dan mendukung rencana pembangunan lapangan dan memperkenalkan olahraga Gateball di OKU Selatan. Menurutnya, ini menjadi rencana yang baik untuk kemajuan olahraga di OKU Selatan.

“Kami juga harus menyiapkan, menyusun apa saja yang harus diperlukan dalam pembangunan lapangan olahraga Gateball tersebut, dan pembinaan para atlet dalam mensosialisasikan olahraga tersebut di OKU Selatan, harapanya semoga kerja sama yang baik ini dapat menimbulkan jalan yang baik untuk kemajuan olahraga di OKU Selatan tentunya,” pungkasnya. (Alpian Patria Jaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *